Catatan kecilku dari buku "The Miracle of Enzim"

Keajaiban enzim-kunci rahasia kehidupan

• Saya dapat menggunakan kedua tangan sama baiknya dalam pembedahan berkat latihan bela diri sejak kecil
• Betapa pentingnya makanan bagi kesehatan
• Hanya tubuh yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Seorang dokter menciptakan ruang bagi terjadinya penyembuhan tersebut
• Dorongan energy emosi yang positif-yang muncul dari cinta, tawa dan kebahagiaan-dapat menstimilasi DNA untuk memproduksi limpahan enzim pangkal, yaitu sang enzim ajaib yang bereksi sebagai bio-katalis untuk memperbaiki sel-sel.
• Lakukan apa yang membuat anda bahagia
• Tubuh memliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri
• Jika pasien pencernaannnya tidak bersih, orang tersebut akan rentan menderita suatu penyakit
• Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, seperti sintesis dan penguraian, transportasi, ekskresi, detoksifikasi, penyediaan energy, dan regenerasi sel
• Enzim adalah katalis protein yang dibentuk di dalam sel makhluk hidup
• Makhluk hidup memproduksi enzim dengan menggunakan enzim yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi
• Lebih dari 5.000 jenis enzim vital diciptakan di dalam sel-sel tubuh makhluk hidup
• Setiap enzim memiliki karakteristik khusus dan fungsi yang unik
• Ada suatu enzim pangkal-yaitu enzim prototype yang belum terspesialisasi. Selama belum diubah menjadi suatu enzim spesifik sebagai reaksi terhadap suatu kebutuhan tertentu, enzim pangkal ini memiliki potensi untuk berubah menjadi enzim jenis apapun
• Kadar enzim pangkal berkurang bersamaan dengan bertambahnya usia
• Kesehatan anda bergantung pada sebaik apa anda menghemat-dan bukan menguras-enzim pangkal dalam tubuh anda
• Pada saat potensi enzim telah habis, hidup tubuh itu pun berakhir
• Tubuh manusia adalah sebuah unit kesatuan yang segalanya saling berhubungan
• Makan dan minum dengan bijaksana, dan hidup gembira hari ini dan esok hari


Enzin dan kesehatan-mitos dan fakta


• Memperbaiki gaya hidup sehari-hari jauh lebih penting daripada mengandalkan keampuhan operasi atau obat-obatan
• Hampir semua penyakit adalah akibat dari kebiasaan-kebiasaan yang terakumulasi selama beberapa waktu
• Kita semua harus bertanggung jawab atas kesehatan diri kita sendiri
• Tidak sakit tidaklah sama dengan sehat
• Sehat atau tidak, bergantung pada apa yang dimakan dan cara hidup sehari-hari orang itu
• Orang-orang cenderung hanya melihat satu aspek makanan/minuman, bukan keseluruhan gambarnya
• Baik atau buruk suatu makanan tidak dapat diputuskan hanya dengan melihat dari satu bahan yang terkandung dalam makanan tersebut
• Menyantap daging mungkin memang mempercepat pertumbuhan, tetapi juga akan mempercepat proses penuaan.
• Konsumsi protein yang berlebihan menyebabkan defisiensi kalsium; menyebabkan osteoporosis, menggangu system saraf, serta memicu kegelisahan dan iritabilitas
• Karena tidak terlihat, perubahan-perubahan di dalam saluran pencernaan tidak dipedulikan
• Perubahan-perubahan internal berkaitan langsung dengan kesehatan seseorang secara keseluruhan
• Kesehatan usus dapat ditingkatkan dengan memperbaiki kebiasaan makan
• Jika setiap organ tubuh menyekresikan cukup banyak enzim pencernaan, pencernaan dan absorpsi akan lancar
• Menelan obat-obatan untuk menekan sekresi asam lambung samacam antasida justru mempercepat rusaknya lapisan lambung
• Sebanyak 300-400 milyar bakteri memasuki lambung bersama setiap makanan. Asam kuat yang terdapat dalam cairan lambung membunuh sebagian besar bakteri ini
• Hindari sebanyak mungkin konsumsi obat-obatan lambung, termasuk antasida
• Semakin cepat muncul efek suatu obat, semakin kuat pula racun yang dikandungnya
• Kualitas makanan dan air yang kita konsumsi menentukan kesahatan kita
• Energy untuk hidup dan system kekebalan meningkat jika tubuh memiliki enzim yang banyak
• Setiap enzim hanya memiliki satu fungsi
• Obat-obatan menguras sejumlah besar enzim pangkal; yang paling keras adalah obat anti kanker
• Obat-obatan anti kanker, seperti kemoterapi, beracun karena saat memasuki tubuh melepaskan radikal bebas yang sangat neracun dalam jumlah besar
• Hilangnya kelenjar getah bening mengakibatkan lebih banyak kerusakan daripada sedikit kanker yang masih menempel
• Enzim pangkal yang merupakan energy kehidupan, akan tersedia dalam jumlah besar dengan menjalankan diet dan gaya hidup keajaiban enzim
• Stress dan jumlah, kualitas atau waktu makan adalah penyebab tukak lambung
• Jika wanita hamil minum susu, anak-anak mereka cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopic
• Kondisi usus akan memburuk jika mengkonsumsi yoghurt setiap hari
• Dengarkanlah suara-suara yang datang dari dalam tubuh anda sendiri


Diet keajaiban enzim


• Waktu makan, apa yang dimakan, dan berapa sering memakannya, menunjukan penyebab penyakit
• Menu makan orang yang kemudian menjadi pasien kanker biasanya sebagian besar terdiri dari protein hewani, dan produk susu seperti daging, ikan, telur dan susu
• Semua hewan mencari enzim
• Enzim-enzim yang berharga sensitive terhadap panas dan akan terurai pada suhu 48-115 derajat celcius
• Makan terbaik:
 Yang tumbuh di tanah subur dan kaya mineral
 Tanpa menggunakan zat-zat kimia pertanian maupun pupuk kimia
 Yang dimakan segera setelah dipanen
• Sangatlah penting mengetahui bagaimana cara memilih makanan yangtepat, cara memasaknya dan cara menyantapnya
• Radikal bebas terbentuk saat makanan teroksidasi memasuki tubuh
• Konsumsi makanan segar yang penuh enzim membatasi jumlah radikal bebas dan membatasi pengurangan enzim pangkal dalam tubuh
• Minyak adalah jenis makanan yang mudah teroksidasi
• Margarine adalah makanan yang mengandung paling banyak asam lemak trans
• Asam lemak yang paling aman berasal dari makanan alami dan dalam ikan terutama “blue fish” (ikan sarden dan makarel)
• Minyak sebaiknya tidak digunakan untuk memasak karena segera teroksidasi begitu kena udara
• Susu yang dijual di took adalah jenis makan yang paling mudah teroksidasi setelah minyak
• Tak ada mamalia yang minum susu setelah dewasa kecuali homo sapiens
• Susu sapi walaupun sebagai susu segar yang masih mentah, bukanlah makanan yang cocok bagi manusia
• Susu hanya diminum oleh bayi-bayi yang baru lahir
• 1 gram protein hewani untuk setiap 1 kg berat tubuh seseorang per hari
• Lemak dari hewan yang bersuhu tubuh lebih tinggi daripada suhu tubuh manusia dianggap buruk
• Lemak ikan memasuki aliran darah dalam bentuk cair
• Ikan yang berdaging merah biasanya lebih cepat teroksidasi
• Polusi tanah dan laut secara langsung berhubungan dengan kesehatan
• Bahkan dengan menu makan vegetarian, seseorang bisa mendapatkan protein yang cukup
• Nasi bukan penyebab berat badan bertambah
• Biji-bijian, polongan dan kentanglebih baik disantap setelah dimasak
• Peraturan dasar makanan: santaplah makanan yang segar
• Jagalah rasio 85-90% makanan nabati dan 10-15% makanan hewani
• Biji-bijian sebaiknya membentuk 50%, sayuran dan buah-buahan 35-40&, dan makanan hewani 10-15%
• Makanan hewani sebaiknya dari hewan yang bersuhu tubuh len-bih rendah daridapa manusia seperti ikan
• Konsumsilah makanan yang segar dan tidak diproses, jika mungkin, dalam bentuk alaminya
• Jika tidak dikunyah dengan baik, sebagian besar makanan yang dimakan akan terbuang tanpa terserap dan terjadilah pembusukan
• Mengunyah dengan baik, bagus untuk mengurangi berat badan
• Kunci perbedaan antara “makanan baik” dan “makanan buruk” adalah enzim dan kesegaran
• Hindarilah sebisa mungkin susu dan produk-produk susu (mereka yang tidak tahan laktosa, memiliki kecenderungan alergi, atau tidak menyukai susu dan produk-produk susu sebaiknya menghindarinya sepenuhnya)
• Hindarilah margarine dan makanan yang digoreng
• Mengunyahlah dengan baik(40-70 kali setiap suapan) dan usahakan untuk menyantap porsi-poesi kecil


Kebiasaan kaum yang berada dan sehat


• Penyebab terbesar penyakit keturunan adalah warisan kebiasaan-kebiaaan yang menyebabkan penyakit tersebut
• Terlalu banyak orang yang memiliki terlalu sedikit pengetahuan mengenai obat
• Kebiasaan-kebiasaan baik akanmengalahkan gen-gen buruk
• Dengan mewariskan kebiasaan-kebiasaan baik, anda dapat mengubah gen
• Radika bebas dalam jumlah besar menguras enzim pangkal yang berharga
• Hindari memasukan apa pun ke perut 4-5 jam sebelum tidur
• Makan cepat sebelum tidur pada malam hari adalah kebiasaan buruk
• Minum susu hangat sebelum tidur bisa menyebabkan asama pada anak-anak
• Biasakan pergi tidur malam hari dengan perut kosong
• Minum 520ml air setiap 1 jam sebelum makan
• 6-8 gelas air / hari bagi orang dewasa; 5 gelas air/hari bagi lansia
• Minumlah setelah bangun tidur pada pagi hari dan 1 jam sebelum makan
 1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
 2-3 gelas 1 jam sebelum makan siang
 2-3 gelas 1 jam sebelum makan malam
• Deman saat penyakit melanda adalah pertahanan alami tubuh
• Di dalam pembuluh getah bening terdapat zat-zat antibody dan enzim yang memiliki efek antibakteri
• Gula, kafein, alcohol dan zat-zat tambahan yang terkandung dalam minuman merenggut cairan dari dalam sel-sel tubuh dan darah
• Air yang baik adalah air dengan kualitas deoksidasi tinggi
• Air yang baik : jjernih; bersih; bersifat basa; banyak mineral; berkekuatan reduksi besar yang tidak terpolusi oleh zat-zat kimia
• Jika air mineral terlalu lama dibiarkan dalam botol plastic, secara perlahan kekuatan reduksinya akan berkurang
• Sel-sel kanker lebih mudah berkembang biak pada suhu tuhub sekitar 35 derajat celcius
• Minum banyak air yang baik akan mengurangi berat badan
• Air yang bersuhu lebih rendah daripada suhu tubuh, tetapi tidak sedingin es, adalah air yang paling efektif untuk menurunkan berat badan
• Mengubah kebiasaan makan tidak selalu berarti mengurangi jumlah yang dimakan
• Mengunyah 30-50 kali / suap secara alami orang akan mulai makan lebih sedikit
• Sama, penyebab kekurangan dan kelebihan berat badan
• Enema kopi : membersihkan usus besar dengan air yang mengandung kopi, ditambah mineral dan ekstrak yang menghasilkan laktobasilus, melaui dubur.
• Kiat mencegah konstipasi:
 Menstimulasi usus dengan mengkonsumsi makan yang kaya enzim dan banyak mengandung serat
 Minum banyak air yang baik
 Mengurut perut di sepanjang aliran usus
 Memperkuat otot-otot perut
 Enema kopi
• Usus besar sebelah kirilah yang dibersihkan oleh enema dalam pembersihan usus
• Abnormalitas yang terjadi berulang-ulang atau terus berlanjut akan menghabiskan enzim pangkal
• Konsumsilah buah-buahan 30 menit sebelum makan
• Kukus/masak sayuran 2 menit saja
• Jangan berbicara jika ada makanan di dalam mulut agar udara tidak tertelan bersama makanan
• Hindari minum air pada larut malam
• Tidur sejenak selama 5 menit dalam posisi relaks akan memulihkan tenaga
• Tidur berperan sangat penting dalam menajaga irama tubuh
• Saat merasa mengantuk secara alami, mungkin itulah waktu terbaik untuk tidur
• Semakin banyak berolah raga, semakin banyak radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh
• Pejamkan mata dan tarik beberapa napas panjang
• Sehat adalah ketika berbagai fungsi tubuh aktif secara teratur
• Kemampuan tubuh untuk bereproduksi berhubungan dengan pemeliharaan kesehatan
• Kafein dan alcohol menyempitkan pembuluh darah
• Merasa bahagia secara mental dan fisik meningkatkan fungsi keekbalan tubuh


Perhatikanlah “garis kehidupan” anda

• Ilmu pengobatan seharusnya didasari pemikiran untuk menajaga kesehatan
• Memperbaiki pencernaan adalah jalan pintas untuk meningkatkan kesehatan
• Semua orang ditakdirkan menjalani hidup yang utuh
• Agar dapat sehat, kita harus menurut pada hokum alam
• Penting bagi dokter untuk mendengarkan dan menganggap serius yang dikatakan oleh para pasien
• Kombinasi menu makan yang terdiri dari produk-produk susu dan dging adalah penyebab penyakit fibrokistik
• Cegah kanker payudara dengubah menu makan dan memijat kedua payudara 5 menit setiap hari
• Bisa memberikan nasihat yang tepat dan membantu menjadi sehat adalah kebahagiaan seorang dokter
• Manusia bisa hidup karena mikroorganisme
• Mikroorganisme sangat sensitive dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan mereka
• Ciptakan lingkungan usus yang kondusif bagi bakteri baik dan enzim antioksidan
• Tubuh dan tanah air : hubungan tak terpisahkan
• Criteria dalam memilih makanan menentukan kondisi kesehatan anda
• Hidup sehat memang mahal, tetapi masih jauh lebih murah daripada jatuh sakit
• Kemampuan melawan kanker bergantung pada enzim pangkal yang dimiliki
• Dengarkan yang dikatakan oleh tubuh
• Cinta mengaktifkan enzim ajaib
• Kuatnya keteguhan hati dapat membuka pintu menuju berbagai kemungkinan
• Menyembuhkan berarti memberikan motivasi agarpasien merasa benar-benar bahagia
• Seseorang yang bahagia kemungkina besar akan memiliki banyak enzim pangkal
• Perasaan bahagia -> saraf-saraf parasimpatetik mengambil alih -> berkurangnya stress -> meningkatnya keseimbangan usus -> pesan melalui saraf parasimpatetik -> transmisi menuju hipotalamus -> perasaan bahagia semakin besar


Keajaiban enzim : dari entropi ke sintropi

• Tubuh mencerminkan kehidupan yang telah dijalani
• Sentropi adalah proses seseorang atau sesuatu bergerak menuju kehancuran atau pembusukan
• Sintropi adalah proses yang membalikan laju entropi menuju perbaikan, regenerasi dan kebangkitan
• Motivadi dan kebahagiaan adalah kekuatan mental yang mengubah entropi
• Penyakit berakar dari kurangnya pengetahuan atau kurangnya pengendalian diri
• Kebiasaan baik, betapapun kecil pada awalnya, akan berdampak pada kesehatan

7 kunci emas Dr. Shinya untuk hidup sehat

1. Menu makanan yang baik

• 85-90% makanan nabati :
 50% biji-bijian uth; beras coklat; pasta yang terbiuat dari gandum utuh: jelai, sereal, roti yang terbuat dari gandun utuh; dan polong-polongan termasuk kacang kedelai, kacang merah, kacang garbanzo, lentil, kacang pinto, kacang dara, kacang hitam, putih dan merah muda
 30% sayuran hijau dan kuning serta umbi-umbian, termasuk kentang, wortel, ubi jalar dan bit serta sayuran laut
 5-10% buah0buahann, biji dan kacang

• 10-15% protein hewani 9 tidak lebih dari 85-115 gram per hari)
 Ikan jenis apapun, tetapi sebaiknya ikan kecil karena ikan yang besar lebih besar mengandung merkuri
 Unggas : ayam, kalkun, bebek-sedikit saja
 Sapi, domba muda- harus dibatasi atau dihindari
 Telur
 Susu kedelai, keju kedelai, susu beras, susus almond

Makanan tambahan untuk menu makan :
• Teh herbal
• Tablet rumput laut
• Bee pollen dan propolis madu
• Suplemen enzim
• Suplemen multivitamin dan mineral

Makan yang harus dihindari atau dibatasi :
• Produk-produk susu : susu sapi; yoghurt, dll
• Teh hjau jepang, teh cina, teh hitam inggris (batasi hanya 1-2 cangkir / hari)
• Kopi
• Nikotin
• Alcohol
• Coklat
• Lemak dan minyak
• Garam meja biasa ( gunakan garam laut yang mengandung mineral)

Rekomendasi tambahan mengenai makanan:
• Berhentilah makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur
• Kunyahlah setiap suap 30-50 kali
• Jangan makan pada sela-sela waktu makan kecuali makanbuah utuh (sepotong buah utuh boleh dimakan 1 jam sebelum tidur jika rasa lapar membuat anda tidk bisa tidur katena buah utuh cepat dicerna)
• Makanlah buah dan minum jus 30-60 menit sebelu waktu makan
• Konsumsilah biji-bijian dan sereal utuh yang tidak digiling
• Konsumsilah lebih banyak makanan yang menatah atau dikukus sebentar. Memanaskan makanan lebih dari 48 derajat celcius akan membunuh enzim
• Jangan makan makanan yang teroksidasi (buah-buahan yang sudah berubah warna menjadi coklat sudah mulai teroksidasi)
• Konsumsilah makanan fermentasi
• Jagalah disiplin dengan makanan yang anda santap. ingat : anda adalah apa yang anda makan

2. Air yang baik

3. Pembuangan yang teratur
• Mulailah suatu kebiasaan harian untuk menyingkirkan polutan dari usus dan untuk secara teratur membersihkan system anda
• Jangan gunakan obat pencahar
• Jika pergerakan usus anda lambat atau untuk menyingkirkan racun dari hati, pertimbangkanlah untuk menggunakan enema kopi.

4. Olahraga secukupnya
• Olahraga yangs esuia dengan usia dan kondisi fisik penting untuk kesehatan, tetapi olahraga secara berlebihan dapat melepaskan radikal bebas dan membahayakan tubuh
• Beberapa jenis olahraga yang bagus adalah berjalan kaki (4 km), berenang, tenis, bersepeda, golf, penguatan otot, yoga, beladiri, dan aerobic

5. Istirahat yang cukup
• Pergilah tidur pada waktu yang sama tiap malam dan dapatkan 6-8 jam tidur tanpa terputus
• Jangan makan atau minum 4-5 jam sebelum tidur
• Lakukan tidur singkat setelah makan siang selama sekitar 30 menit

6. Pernapasan dan meditasi
• Bermeditasilah
• Berfikirlah positif
• Tarik nafas dalam-dalam dari perut 4-5 perjam. Membuang nafas harus 2 kali lebih panjang daripada menarik nafasnya. Ini sangat penting karena menarik nafas dalam membantu menyingkirkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh
• Kenakan pakaian longgar yang tidak menyesakkan nafas anda
• Dengarkan tubuh anda sendiri dan perlakukan diri anda baik-baik

7. Kebahagiaan dan cinta
• Kebahagiaan dan cinta akan meningkatkan factor enzim tubuh, terkadang bagai keajaiban
• Luangkan waktu setiap hari untuk sikap menghargai
• Tertawalah
• Menyanyilah
• Menarilah
• Hidup dengan penuh gairah dan hadapi hidup, pekerjaan dan orang-orang yang anda cintai dengan sepenuh hati


Kebiasaan-kebiasaan makan yang dianjurkan

• Kunyahlah makanan dengan baik
• Makanlah biji-bijian utuh yang ditanam secara organic jika memungkinkan
• Konsumsilah hanya daging yang bersuhu tubuh lebih rendah dapipada suhu tubuh kita
• Hindari makanan atau minum sebelum tidur pada malam hari
• Minumlah 8-10 gelas air yang baik setiap hari
• Konsumsilah karbohidrat berkualitas
• Konsumsilah minyak ikan
• Kurangi ketergantungan pada obat dengan mengubah menu makan dan berolahraga selagi mungkin
• Konsumsilah makanan berserat tinggi agar pembuangan lancer dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia
• Nutrisi mikro memiliki kekuatan ajaib
• Minumlah suplemen secukupnya
• Vitamin dan mineral saling bekerja sama
• Mineral memperkuat enzim
• Hiperaktivitas pada anak mungkin sesungguhnya adalah defisiensi kalsium
• Berbahaya, mengkonsumsi kalsium berlebihan setelah usia paruh baya
• Magnesium mangaktivasi berates-ratus macam enzim dan merupakan obat migraine dan diabetes
• Keseimbangan antara natrium dan kalium adalah syarat untuk hidup
• Sedikit mineral mikro bekerja secara sinergis dengan vitamin, mineral dan enzim